Official Partner: Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia

Nama Organisasi: Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI)

Deskripsi:

Sejarah panjang telah berhasil melahirkan sebuah peradaban dunia yang besar. Dalam menghadapi dan menjalani peradaban tersebut, tentu diperlukan mahasiswa yang berintelektual tinggi, berjiwa luhur, berpengalaman dalam penelitian ilmiah maupun penulisan karya ilmiah, serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Guna mencapai berbagai kecemerlangan tersebut sudah sepatutnya mahasiswa, khususnya mahasiswa Indonesia untuk membudayakan berbagai kegiatan ilmiah seperti penulisan dan penelitian. Sebab, budaya menulis dan meneliti adalah ciri perdaban maju era global saat ini.

Menyadari pentingnya akan budaya menulis dan meneliti tersebut, maka ada baiknya dibentuk sebuah wadah yang dapat memfasilitasi tujuan positif sebagaimana dimaksud. Wadah tersebut dimaksudkan agar dapat menjadi tempat berhimpunnya mahasiswa/i Indonesia yang memiliki semangat dalam meningkatkan budaya menulis dan meneliti. Wadah bertaraf nasional yang mampu menjadi tempat berhimpun, belajar dan berkarya dalam bidang penulisan dan penelitian.

Indonesia saat ini tengah dilanda berbagai krisis, dari moral hingga penegakan hukum. Sejalan dengan semangat merespon dinamika peradaban saat ini, maka dibutuhkan mahasiswa/i hukum Indonesia yang dapat berkontribusi secara nyata. Kontribusi dalam bentuk karya melalui sebuah wadah penulisan dan penelitian sebagaimana dimaksudkan di atas. Kontribusi tersebut diharapkan dapat menjadi suatu bentuk pengabdian mahasiswa/i hukum Indonesia dalam memperbaiki bangsa ini.

Berdasarkan uraian tentang pentingnya wadah penulisan dan penelitian bagi mahasiswa/i hukum Indonesia, maka dibentuklah Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI). IPMHI dideklarasikan oleh para mahasiswa/i hukum Indonesia pada 11 Januari 2009 di Universitas Hasanuddin, Makassar. Para mahasiswa/i hukum Indonesia tersebut berasal dari berbagai Fakultas Hukum yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. IPMHI senantiasaberkomitmenmelaksanakan berbagai kegiatan yang merupakan langkah untuk menyatukan visi dan misi mahasiswa hukum se-Indonesia dalam bidang penulisandan penelitian karya limiah.

Visi:

Menjadi dan menciptakan wadah yang menaungi penulis mahasiswa hukum se-Indonesia sehingga mampu berprestasi dalam bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah sebagai perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Misi:

  1. Mengembangkan daya analisis mahasiswa hukum Indonesia yang responsif, kritis dan solutif dalam penulisan karya ilmiah;
  2. Membangun kerjasama dan komunikasi antar lembaga penelitian dan penulisan di setiap universitas; dan
  3. Membangun kerjasama dengan instansi-instansi, khususnya yang bergerak di bidang hukum dan penelitian, serta penulisan karya ilmiah.

Representasi: Isti Latifah Astri, S.H.